Main Bola 

Heyhooo! It’s been quite a while since the last post. Sibuuuk buuuu… hehehe Sibuk sama kerjaan, sibuk ngurus Anansa juga yang makin lama makin kenes, (super) aktif, dan maunya semua dilakukan sendiri. Well… toddlerhood is a new chapter, isn’t it? A lovely, yet so challenging (and sometimes just plain frustrating) phase.

Nah, ngomongin soal balita aktif dan mulai semaunya sendiri adalah dua hal yang bikin saya takjub sekaligus pusing. Pusing karena capenya pasti dobel, pusing juga karena harus cari akal bagaimana menyalurkan energi si bocah tanpa membuat dia bosan. Kalau di rumah biasanya main di taman sambil cari siput, main sepeda di seputar kompleks, main air sambil siram tanaman, dan petak umpet. Kalau di luar rumah… selalu cari playground, baik indoor maupun outdoor. So far, she really enjoys it apalagi Anansa tipe anak yang berani, segala jenis permainan dicoba… malah saya yang suka senewen lihat dia manjat tinggi, lalu meluncur dengan santainya sambil cengar-cengir. Oh my…

“Ada nggak ya aktivitas fisik yang lebih terarah?”

Pertanyaan itu yang terlintas di pikiran saya saat lihat Anansa sangat aktif bergerak. Lalu mulailah si mamak ini browsing ini itu… dan ketemulah satu kegiatan olah raga yang cocok banget buat Anansa, yaitu: sepak bola. Football? Yes! Cocok buat Anansa karena:

  1. Anansa suka bola (basically, dia suka segala hal yang berbentuk bulat dan lingkaran)
  2. Anansa anak yang super aktif, suka lari sana sini dan kalau sudah main nggak kenal waktu.
  3. Anansa suka berada di tempat yang luas, lapang, dan punya sirkulasi udara yang bagus. Lapangan bola adalah tempat yang tepat!

Jadi, dua minggu yang lalu Anansa ikut kelas trial Little Kickers di salah satu lapangan futsal. Oiya, Little Kickers ini adalah klub bola anak, yang menerima anggota berusia mulai dari 18 bulan sampai 7 tahun. Asalnya dari UK dan sudah ada di seluruh dunia, termasuk di Jakarta dan Tangerang. Setelah browsing dan baca di website Little Kickers, makin merasa “nah…ini dia” karena bukan hanya sekedar main bola…tendang sana-sini tapi banyak aspek yang dilatih & bisa dikembangkan, seperti: mendengarkan & mengikuti instruksi, belajar disiplin, dan yang terutama melatih motorik kasar anak. 


Selain itu, di kelas Little Kicks (kelas usia 18 bulan – 2,5 tahun) orang tua harus hadir mendampingi sehingga pas banget buat quality time kami bertiga. Lumayan juga itung-itung olah raga.


Durasi latihannya 45 menit…and it was more than enough, pas banget pas Anansa udah keringetan, mulai cranky karena kegerahan sendiri dan latihannya selesai. Tired? Yes. Happy? Absolutely!

Main bola kan buat anak cowok.

Hmm…sepak bola adalah olah raga dan menurut saya, olah raga adalah kegiatan untuk semua kalangan tanpa melihat SARA,   apalagi gender. Kami berdua melihat bukan pada kepantasan gender, tapi lebih kepada big picture, yaitu benefitnya untuk masa depan. Saya sendiri tidak dibesarkan di lingkungan yang sport oriented. Belajar renang sih, tapi cuma beberapa tahun saja. Jadi, habit berolah-raga sangat minim. Kerasanya pas udah tua kayak sekarang. Bingung cari olah-raga yang pas di hati.

Kecintaan pada olah raga itu yang ingin saya tumbuhkan pada diri Anansa. Kalau nggak dibiasain, nggak akan kenal & sayang, ya nggak? Nah, langkah awal dan mengingat usianya yang masih dini, olah raga penting diperkenalkan sebagai sesuatu yang menyenangkan, yaitu melalui: permainan! Yes…through play and I think football is a great choice.


Jadi diajarin apa aja?

Sudah dua kali Anansa ikut dan di dua sesi, permainannya beda-beda, seperti: berlari mengambil cone dan mengumpulkan sesuai warnanya, lari-putar-tendang, tidak lupa selalu tidy up setiap permainan selesai, pemanasan-peregangan, dan ditutup dengan stamps time…tiap anak akan dapat stamps sebagai rewards. Seru kan! 


Jadi sebetulnya Little Kickers bukan sekolah bola, bukan sekedar main bal-balan, tapi anak belajar banyak hal melalui permainan sepak bola. Because the important thing is learning should be fun, right?! 😉

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s