Staying Safe on The Social Media

Anansa kemana aja kok nggak muncul-muncul di sosmed? Nggak kemana-mana kok… anaknya lagi sibuk hehehe sibuk berantakin rumah 😅 

Sebetulnya memang saya mulai mengurangi post tentang Anansa. Alasannya karena semakin maraknya kasus pedofilia dan penculikan anak. Salah satu pemicu yang berperan penting adalah penggunaan media sosial yang kurang tepat. Kami, sebagai orang tua, tentunya wajib melindungi Anansa dari bahaya sosmed, jadi mulai dikurang-kuranginlah porsi Anansa… dilebih-lebihkan porsi emaknya hahaha Jangan pada kabur lho yaaa 🙈 

Maklum namanya mamak-mamak, their kids are the center of their world, jadi harap maklum isi sosial media nya ya mayoritas tentang anak. Wajar & lumrah tapi rawan juga lho ternyata kalau posting yang terlalu mengumbar, baik mengumbar data atau yang lainnya. Jujur, terkadang saya sendiri nggak terlalu peka terhadap postingan yang saya unggah. Setelah dipikir-pikir atau ada yang kasih tahu baru deh merasa postingan tersebut berisiko. 
Nah, dari beberapa sumber yang saya baca, berikut beberapa tips agar tetap aman & nyaman bermedia sosial, khususnya bagi yang suka posting foto si buah hati.

  1. Tidak memunculkan data pribadi, seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat, dst. Misalnya tidak memposting paspor, tiket, dan surat-surat penting lainnya.
  2. Tidak menuliskan lokasi, khususnya tempat-tempat yang rutin dikunjungi anak, seperti: sekolah, day care, tempat les. 
  3. Tidak memposting foto anak dalam keadaan telanjang, misalnya: waktu mandi, ganti popok. Lucu sih ya… namanya juga bayi. Tapi hati-hati banyak orang kurang waras di luar sana (jadi ngeri sama kasus pedofilia yang baru-baru ini terjadi)
  4. Tidak terlalu detail dalam menceritakan sesuatu. Nah, it’s a bit tricky… secara mamak-mamak kan hobby sharing, apalagi kalau banyak yang nanya dan harus dijelasin detil. Tapi mungkin salah satu contohnya seperti jadwal harian anak: berangkat sekolah jam berapa, lewat mana, siapa yang antar, sekolah dimana, gurunya siapa, sampai rumah jam berapa, dst. Well, unless you’re Kardashians, please don’t do it. 
  5. Last but not leastalways think before post! 

Have a enjoyable but responsible social media posts! 😉

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s