Mompreneurs Intimate Gathering

 It’s not about WHAT you do, but WHY you do it.

Beberapa minggu yang lalu saya sempat posting di sosial media mengenai mompreneur dan ternyata lumayan mendapat sambutan meriah.. hore! hahaha Di postingan tersebut saya sharing singkat mengenai pengalaman saya setahun belakangan ini sebagai seorang newmom dan entrepreneur. Selain curhat colongan, postingan itu sebagai bentuk partisipasi saya ikut giveaway Mompreneurs Intimate Gathering yang diadakan oleh Productive Mamas dan Airy Designs.  Thank God saya terpilih menjadi salah satu yang beruntung ikut gathering ini. Yay! Terima kasih ya yang sudah like di sosial media saya. Really really appreciate it.

Di Productive Mamas Soiree Part.1 ini saya bertemu dan berbagi cerita seputar entrepreneurship dan motherhood  bersama dengan 20 mompreneurs lainnya sambil merangkai bunga. Seru, indah, dan yang pasti sangat menginspirasi. Di event ini, saya mendapat buuanyaaaak bangeeet inspirasi. Kami semua sama-sama seorang ibu dan merasa harus melakukan sesuatu di luar urusan domestik tetapi tidak ingin melewatkan momen-momen berharga di keluarga kecil kami. That’s why most of us choose to be a mompreneur. Alasan menjadi seorang mompreneur bagi tiap-tiap mom adalah sangat-sangat personal tapi satu yang pasti: semuanya berawal dari diri sendiri dan lingkungan keluarga.

Thank God I joined this gathering. Selain sharing pengalaman saya memulai kita+kita Food Studio, saya juga mendengarkan cerita dari para mompreneur lainnya. Biasanya momen-momen seperti inilah saat yang tepat untuk flashback dan merefleksikan perjalanan karir saya sebagai mompreneur (yang masih hijau… hehehe). So, from the sharing session, I noted few things that also reflects my journey.  

  • Start from where? Your Passion + Your Family

Hampir semua mompreneurs yang hadir memulai bisnisnya terinspirasi dari diri mereka sendiri dan keluarga sehingga bisnisnya pun tidak jauh-jauh dari diri mereka & keluarga: homegoods, persewaan perlengkapan bayi, aplikasi direktori aktivitas berbasis anak & keluarga, diaper bag, baju menyusui, daycare, dan masih banyak lagi.

Terkadang kita bingung bagaimana harus memulai: Mau bisnis apa ya? Nggak ada ide nih. Padahal sebenarnya ide bisnis itu terletak di dekat kita, lho. Bisa terinspirasi dari hobby kita yang sering dianggap remeh ataupun dari lingkungan sekitar kita, misalnya keluarga. Itu juga yang menjadi alasan utama saya saat memulai membangun kita+kita Food Studio; terinspirasi dari keluarga yang punya banyak talenta terpendam & resep warisan yang sayang kalau dibuang begitu saja plus passion saya di bidang kreatif (writing, making something, playing with ideas, basically anything creative). Prinsipnya adalah memulai dengan apa yang ada di depan mata.

  • Being a mompreneur is a tough call, but it’s worth all the struggles and snuggles. 

Salah satu alasan kenapa bagi sebagian perempuan memilih menjadi mompreneurs karena waktunya lebih fleksibel, contohnya bisa kerja dari rumah sambil momong anak (meskipun most of the time, kenyataan tidak seindah harapan sih). Memang tidak dipungkiri time is luxury bagi seorang ibu dan ada betulnya menjadi mompreneur lebih fleksibel dalam mengatur waktu tapi ada hal lain yang mungkin tidak disadari, kalau menurut saya menjadi mompreneur itu siap bekerja lebih panjang, tidak jarang bekerja dini hari saat anak terlelap ataupun pada saat weekend. Tidak jarang juga saya menitipkan Anansa jika ada janji temu, meeting, atau workshop, sering juga Anansa ikut saya bekerja, dan beberapa kali ikut keliling ke sana sini hingga malam hari.

Jadi entrepreneur itu bukan pekerjaan termudah di dunia, begitu pula menjadi ibu. Jika keduanya dikombinasi? Ya puyeng juga. Namun, saya percaya bahwa kedua hal inilah yang membuat saya makin matang menjadi entrepreneur dan menjadi ibu. Semacam simbiosis mutualisme; saling menguntungkan satu dengan lainnya. Nanti ya akan saya ceritakan di post terpisah. At the end of the day, family always comes first.

  • The art of storytelling

Setiap mom yang hadir di gathering ini bercerita tentang bisnis mereka masing-masing dengan penuh passion dan penuh cinta. They respresent their brand. Bisnis yang bukan sekedar ada tetapi bisnis yang punya cerita tersendiri. Cerita yang membuat kita ikut merasakan proses berkembangnya sebuah brand, cerita yang membuat kita merasakan jatuh bangunnya membangun sebuah bisnis start-up, cerita yang membuat kita bersemangat saat mendengarnya meskipun sudah berulang-ulang dituturkan, cerita yang menginspirasi bagi banyak orang.

Memang bukan jamannya berbisnis dengan mengandalkan hard sell… pokoknya jualan tok. Promo besar-besaran, diskon ini itu, gratisan pasti menggiurkan, tapi ya itu hanya numpang lewat tidak membekas. Lain halnya dengan brand yang bukan sekedar menjual barang melainkan menawarkan sebuah cerita untuk disimak dan mengajak kita semua jadi pemeran di dalam cerita tersebut. To be honest, it’s a difficult skill… really really difficult. Saya masih harus terus belajar.

Sharing dengan ke 19 mompreneurs hebat ini salah satu kesempatan emas untuk belajar. So, please let me introduce you to the 19 awesome mompreneurs:

  1. Danesya Juzar @productivemamas
  2. Putri Dwiandari @iamjagomanagement
  3. Fradea Daniza @airydesign
  4. Kania Annia @chicanddarling
  5. Angkie Yudistia @thisableorg
  6. Zhafira Loebis @babyloania
  7. Putri Arinda @thebridedept
  8. Yasmin Indriasti @wangsajelita
  9. Annisa Kuntadi @googaga.id
  10. Raden Prisya @matroishka
  11. Ajeng Samodra @mamasam_id
  12. Nicke Anishasetia @orladiababy
  13. Ratieh M Anggraeny @lovebird_id
  14. Kenyasentana @lekaass.kaasstengels
  15. Haniza Thaharah @tigapuluhtebet
  16. Dhiesta @pepitodaycare
  17. Annisa Sabhrina @ggssabhrina
  18. Dina @zeroapparel
  19. Irnay @productivemamas.event

It was a very lovely evening and very inspiring moment for me. Plus dapet doorprize dari chic and darling… dan goodiebag yang isinya produk dari Wangsa Jelita, voucher dari Babyloania, buku karangan Angkie Yudistia, dan (of course) Triple Cheese Cookies dari Dear Oma by kita+kita Food Studio. Yay! Thanks a lot @productivemamas for making such a beautiful soiree. Keep productive and cheers! 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s