9 bulan

9 bulan…

Anansa sudah bisa apa?

Meskipun saya bukan termasuk golongan ibuk-ibuk yang memposting secara detail perkembangan si buah hati bulan demi bulan (apalagi hari per hari… mana sempat, bos), tapi saya rajin mengabadikan pose Anansa lewat foto maupun video. Kalau malam pas lagi kerja dikejar deadline…seperti sekarang ini, hiburannya lihat album foto & video Anansa di smartphones. 

Nggak terasa Anansa sudah 9 bulan. Makin besar, makin pintar, makin banyak maunya, makin banyak gayanya, makin susah diam, makin susah diatur (apalagi kalau pas ganti popok… udah kayak orang lagi berantem). Kalau menurut Babycenter.com, di usia 8-12 bulan beberapa milestone yang dicapai oleh seorang bayi adalah:

  • Suka menjelajah sekitar dengan merangkak
  • Bisa duduk dengan sendirinya
  • Memegang apapun sebagai pegangan untuk berdiri
  • Babbling dan mengucapkan beberapa kata, biasanya: mama, dada
  • Menunjukkan gestur saat menginginkan sesuatu atau saat tidak menginginkan sesuatu
  • Pincer grasp
  • Mulai meniru apa yang orang dewasa lakukan, misalnya minum dari gelas
  • Separation Anxiety

Anansa 9 bulan kegiatannya:

  • Merangkak
  • Duduk sendiri terus setengah salto dan akhirnya guling-guling
  • Berdiri sendiri tanpa pegangan selama beberapa detik
  • Menunjuk dirinya saat ditanya “Anansa mana ya?” atau “Yang namanya Anansa mana?”
  • Mengucapkan beberapa kata: mama, papa, oma, opa, grandpa, momo, emoh, ngeng-ngeng, (l)ampu, mamam, (mi)num, dan kakak
  • Kalau ingin sesuatu dan lagi digendong, misalnya mau keluar kamar: jarinya menunjuk ke arah pintu dan badannya dicondongkan ke arah tersebut
  • Makan finger food sendiri
  • Minum dari gelas
  • Suka banget sama yang namanya nyetir
  • Lebih suka main mobil-mobilan daripada main boneka… oh my…
  • Lagu favoritnya: Rain Rain Go Away, ABCs Song, Wheels on A Bus (semua versi), Family Finger, Itsy Bitsy Spider, Head Shoulder Knees and Toes, dan Paka Paka Tangan
  • Semua digigit, kecuali teether padahal udah dibeliin segala macem model teether, nggak ada satupun yang berhasil.

Secara fisik, berat badan Anansa turun 40gr dari bulan lalu. Kata dokter sih no worries soalnya beratnya masih di atas grafik hehehe Kok bisa turun? Kemungkinan besar karena makin aktif bergerak dan ditambah dengan drama GTM karena numbuh gigi. Oh iya.. si anak bayik giginya udah 5 lho, lumayan juga kena gigitannya. Kalau sudah malas makan karena gigi, biasanya saya turunkan tekstur makanannya jadi lebih lembut dan kasih makanan favoritnya, yaitu mashed potatoes. 

Soal makanan, di usia 9 bulan ini, jenis makanan yang dikonsumsi semakin variatif, seperti homemade bun, biscuit keju tanpa telur, dan macaroni schotel…. emm ice cream juga pernah icip dikit sih dan doyan pake buangeet. Buah juga mulai doyan (jika dibandingkan dengan bulan-bulan awal MPASI, yang sama sekali nggak mau buah). Buah favoritnya: Golden Kiwi dan pisang.

Apalagi ya….

Oh one more thing… she can do snapchats!

Happy 9 months, baby!

Keep strong & healthy… God bless! Love you to the moon and back :*

Monthly visit to Anansa’s pediatric. I’m 10 kgs 🙂
9 months, 5 flights already. I’m a frequent flyer 😉
I love to eat, but sometimes I just don’t… but mostly I do love eating 🙂
Driving a car is my thing recently
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s