Snack Time


Salah satu hal yang saya selalu syukuri adalah Anansa punya appetite yang sangat baik sekali. Thank God nggak pernah kesusahan waktu makan, semua mau dicoba dan dikunyah. Kalau makan pinter banget, termasuk cemal-cemil hehehe 

Selain buah, kadang saya memberikan snack biscuit terutama kalau pas lagi jalan. Jadi kalau pas kita semua pada makan, Anansa juga ikutan makan snack-nya…biar nggak ngiler ya, Nak. Memilih snack juga nggak bisa sembarangan lho karena harus diperhatikan kandungan gizi, kadar gula & garam (yang harusnya nol atau minim sekali). Karena sifatnya sebagai makanan selingan, tentu saja pemberiannya nggak bisa sesering makanan utama, mungkin hanya 1x dan nggak tiap hari diberikan. Jangan lupa selalu perhatikan usia yang sesuai karena ada beberapa produk yang baru bisa diberikan saat bayi menginjak usia 7 bulan.

Anyway, so far Anansa baru cobain 3 baby snack: Bebenice Rusks, Heinz Biscotti, dan Farleys Rusks. Semuanya jadi favorit (mamanya juga doyan). Oiya, si finger snack ini fungsinya juga sebagai latihan motorik halus & koordinasi antara mata, tangan, dan mulut lho. Jadi, agar anak juga belajar, makan snack nya jangan disuapi ya… biar si anak pegang kontrol sekaligus memberikan kesempatan untuk mengeksplorasi kemampuan motoriknya. 

Advertisements

3 Comments Add yours

  1. bluestellar says:

    Ninaaa ada saran ga biar anaknya bisa doyan makan? Alanna tuh susah bgt makannya, baru 10 suap biasanya udah bosan. Disendokin pake snack yg kayak bebenice itu baru mau deh.. Tp aku jg takut kalo snacknya malah kebanyakan huhu.. Sementara kalo diseringin makannya dgn porsi sedikit jg biasanya ga suka, dia lbh suka nete dan dua bulan kemarin naik bb nya kurang dari target terus huhu ๐Ÿ˜”

    Like

    1. nina.wk says:

      10 suap itu udah lumayan banget lho Neng! Menurut aku sih nggak perlu dipaksa harus habis makannya, yang penting mau mencoba itu udah bagus banget. Alanna punya menu favorit nggak? Biasanya kalo Anansa udah mulai bosen, aku balikin ke menu favoritnya, misalnya kentang trus besoknya dikombinasi kentang + labu, besoknya labu + bubur nasi… diusahain ada rasa yang continue gitu. Timing juga penting, ada yang semangat makan kalo abis mandi, ada yg baru bangun tidur lgs pgn makan, ada yang harus dipancing main2 dulu baru mau makan. Ntar lama-lama bakal terbentuk pola dan ritme makan yang cocok buat si anak bayik. Semangaattt Neng! ๐Ÿ’ช๐Ÿป๐Ÿ˜˜

      Like

      1. bluestellar says:

        Iyaa tp suapannya kicil2 gitu, hehe.. Waktu itu dia suka bgt pure pir/apel jd kadang aku sambi, makan nasi trus suapin pure buah jg.. Eh skrg ga mau.. Jd metodenya berubah2 terus. Thanks yaahh nin.. Semoga bisa terus semangat nih dan pantang menyerah ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s