Perlengkapan Tempur MPASI

Salah satu kegiatan yang menyenangkan saat menyiapkan MPASI adalah berburu perlengkapan tempur MPASI. Sekarang ini sangat banyak pilihan dengan design yang ok dan keren. Nggak cuma keren secara bentuk & warna, tapi juga fungsional & ergonomis. Nanti akan saya posting terpisah review printilan perlengkapan MPASI yang menurut saya masuk ke dalam kategori well-designed products.

Dan… berikut perlengkapan tempur MPASI versi saya

  1. Buku Resep MPASI

Ada banyak pilihan buku resep MPASI yang dijual di toko buku dan online store. Menurut saya yang memang doyan baca, buku MPASI ini membantu banget karena isinya nggak cuma resep-resep aja. Favorit saya MPASI Perdana Cihuy karangan Dian Prima Zahrial & Yudith Mangiri karena isinya lengkap, informative, dan komunikatif dengan penggunaan bahasa sehari-hari sehingga lebih mudah dipahami.

  1. Menu Plan

Saya buat rencana menu selama 1 bulan dengan menerapkan metode MPASI yang dipilih. Kemudian, Menu Plan ini saya konsultasikan ke dr. Hartojo, SpA. Ada beberapa saran yang diberikan dr. Hartojo, SpA misalnya frekuensi makan sehari boleh 2x dengan porsi kecil, buah sebagai selingan, dan sebaiknya tidak menggunakan ceker, jeroan, otak sebagai bahan makanan apalagi untuk awal MPASI. Kalaupun tetap ingin diperkenalkan, harus benar-benar terjamin kebersihannya.

  1. Shopping List

Membuat list belanja sangat penting kalau nggak pengen overbudget. Bagi saya pribadi, pernak-pernik MPASI suka bikin kalap, apalagi banyak produk yang secara desain dan fungsi ok banget. Nanti akan saya review satu per satu ya.

  1. Booster Chair / Baby Chair

Sebetulnya udah punya baby chair kado dari aunty-aunty menik2 cantik (thank you, aunties!), tapi baby chair-nya ada di rumah Jakarta sedangkan Anansa mulai MPASI di Surabaya. Daripada punya baby chair dobel, saya pilih beli booster chair  yang bisa dilipat jadi bisa dibawa kemana-mana. Booster chair ini bisa diikatkan di kursi makan atau diletakkan di lantai.

  1. Babycook

Kenapa pilih babycook? Untuk saya yang mengurus anak tanpa bantuan baby sitter, praktis & cepat selalu menjadi prioritas utama. Say no to printilan ini itu! Nggak bakal sempet kalau harus menggunakan banyak alat apalagi kalau masak harus ditungguin. Makdarit dibelilah babycook. Ada yang beranggapan kalau rugi beli babycook karena dipakai hanya sebentar, yaitu pada saat awal-awal MPASI, saat bayi baru belajar makan bubur lumat dan puree. Nah, setelah browsing dan mengalami kegalauan yang cukup kronis, maka pilihan jatuh pada Beaba Babycook. Alasannya karena fungsinya 4 in 1: steam, cook, blend, and reheat. Jadi menurut saya sih worth it banget dan bisa dipakai untuk jangka waktu lama. Review (lagi-lagi) menyusul yaaa…

  1. Feeding Set

Peralatan makan MPASI awal sejuta umat, yaitu Pigeon Feeding Set. Inipun dapet kado jadi nggak perlu beli lagi. Thank you Mama Ratih! Menurut saya sih, feeding set dari pigeon ini sudah lebih dari cukup sebagai peralatan makan di awal MPASI. Mangkuknya pas ukurannya, mudah dipegang. Sendoknya juga ergonomis, cocok untuk masa awal MPASI. Sa     yangnya Pigeon tidak menjual sendoknya secara terpisah, jadi kalau mau beli sendoknya ya harus beli si feeding set ini lagi.

  1. Bibs

Saya golongkan bibs/slaber kedalam 2 kelompok. Kelompok pertama adalah slaber untuk sehari-hari. Nah karena Anansa anaknya agak gembil, memilih bibs agak tricky untuk cari yang pas. Dari semua bibs yang udah dicoba dan dengan berbagai model, yang paling cocok (ukuran & model) buat Anansa adalah bibs khusus makan (weaning baby bibs) dari Mothercare. Sedangkan untuk berpergian, ada 1 bib yang  wajib dibawa yaitu Skip Hop Tuck-Away Bib. Naksir sama bib dari Skip Hop ini udah lama banget karena bisa diuntel-untel kemudian di “tuck-away”, praktis untuk dibawa berpergian. Selain itu, bahannya juga mudah dibersihkan dan dikeringkan. Oiya satu lagi, si Skip Hop Tuck-Away Bib edisi zo o desainnya lucu dan warnanya menarik banget. We got her a Unicorn edition.

  1. Drinking Cups

Karena udah kebiasaan jarang ngedot pakai botol, maka lumayan PR saat Anansa disodorin spout training cup. Sebetulnya ada untungnya juga sih bisa menghindari fase spout cup yang oleh beberapa ahli kesehatan dianggap tidak baik untuk perkembangan gigi bayi. Trus minumnya pakai apa? Pakai doidy cup. Bentuknya persis seperti gelas, tapi didesain miring dengan tujuan mempermudah peralihan bayi yang biasa menyusu ke fase minum dari gelas. Menurut saya, doidy cup ini salah satu produk bayi yang inovatif. Nanti akan saya review yaa..

  1. MPASI On-The-Go

Saya sih inginnya kalaupun berpergian, Anansa tetap bisa menikmati MPASI rumahan dan untungnya hingga saat ini (baru jalan 3 minggu sih) masih terlaksana. Memang sih perginya nggak jauh-jauh, paling ke mall hihihi ya itung-itung latihan makan di depan umum. Printilan yang perlu disiapkan, selain on-the-go bib, adalah tempat makan, botol minum, sendok, dan tissue kering + basah.

Kalau tempat makan/snack beragam pilihannya dan pada umumnya sih semua yang dijual di baby shop sudah BPA free. Sendok pun demikian, cuma untuk sendok saya sengaja cari yang ada tempat penyimpanannya jadi tetap rapih dan bersih. Nah, kalau botol minum aka training cup, ini yang agak spesial karena nggak bisa tumpah dan bisa diminum dari berbagai arah. Ajaib kan? namanya aja Miracle Cup. Review juga menyusul ya…

  1. Food Storage

Saya selalu mengusahakan membuat MPASI yang fresh setiap hari, tapi ada hari-hari dimana saya nggak sempat bikin. Maka dari itu, saya juga menyisihkan beberapa bahan makanan yang sudah di-blender ke dalam baby cubes and freezer pods untuk disimpan dalam freezer. Nanti menjelang waktunya makan tinggal di-reheat di Beaba Babycook. Praktis! Oiya, food storage ini berguna sekali untuk menyimpan kaldu karena kalau masak kaldu sekali bikin dapetnya banyak (500 cc – 1000cc) jadi bisa dibagi-bagi ke dalam food storage sesuai kebutuhan (biasanya sekitar 70cc/pot).

11. Dan lain lain…

Yaitu: chopping board, telenan, perasan jeruk yang terpisah dari peralatan dapur rumah tangga dan sabun cuci piring yang aman untuk bayi. 

Advertisements

One Comment Add yours

  1. 95Annis says:

    Hello blogger, i must say you have hi quality content here.
    Your website should go viral. You need initial traffic boost only.

    How to get it? Search for: Mertiso’s tips go viral

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s