Menjadi Ibu

“Jadi ibuk-ibuk aja kok heboh banget?” mungkin sindiran ini sering dirasakan oleh kaum ibu, terutama ibu baru. Tapi kenyataannya jadi seorang ibu emang heboh, rame, seru, rempong, dan cape hahaha Saya sih anaknya suka overexcited sama yang namanya new experience. Jadi ya pasti heboh mulai dari masa kehamilan, melahirkan, dan merawat bayi.

Kalau ditanya apa sih arti menjadi seorang ibu? Ini jawaban saya…

Being mother is a blessing.
Bagi sebagian orang, menjadi seorang ibu adalah pilihan. Sedangkan sebagian lagi mungkin beranggapan bahwa menjadi seorang ibu adalah kewajiban. Bagi saya pribadi, menjadi ibu adalah sebuah anugerah. Saat pertama kali saya mendengar tangisan Anansa, rasanya itu luar biasa. Saat pertama kali saya melihat dan menyentuh jari mungilnya, rasanya luar biasa. Hingga saat ini setiap kali mendengarnya bersuara bahkan menangis, rasanya luar biasa. Dan sampai kapan pun, seiring berjalannya waktu, saya akan terus merasakan perasaan yang luar biasa menjadi ibunya. It’s a true blessing from God.

Being mother definitely is not easy.
Mungkin menjadi seorang ibu adalah pekerjaan terberat yang pernah saya lakoni: tidur cuma beberapa jam sehari, pontang panting bagi waktu antara ngurus anak dan kerjaan, harus punya stok kesabaran yang unlimited, siap mental menghadapi momwar (which is so real), dan siap mental pergi ke mall dengan no make-up+sendal jepitan (karena baru inget nggak pake sepatu setelah turun dari mobil)+rambut acak-acakan sambil dorong stroller. Tapi tantangan terbesar adalah mengalahkan segala keragu-raguan dan meyakinkan diri sendiri, selalu dan setiap waktu, bahwa saya bisa menjadi ibu yang baik, bukan mencari kesempurnaan. Saya masih belajar, harus belajar, dan akan terus belajar.

Being mother brings out the best in you.
Menjadi ibu seperti masuk kamp kesabaran seumur hidup. Selain harus sabar menghadapi bayi yang mood nya unpredictable dan berubah-ubah tiap waktu, masih harus sabar pula menghadapi lingkungan sekitar yang kadang kurang suportif. Eh…ketemu sesama ibu-ibu baru yang suka pamer anaknya begini begono (tanpa ditanya) dan membandingkan dengan anak kita seolah-olah anaknya juara kelas, itu juga perlu kesabaran tingkat dewa lho. Sabar buat nggak ngejutekin dan mengeluarkan kata-kata setajam silet… trust me, it’s even harder than taking care of the baby.

Dunia per-ibuk-an pasti selalu heboh. That’s why I think motherhood rocks! 🤘🏻

“Motherhood is a choice you make everyday, to put someone else’s happiness and well-being ahead of your own, to teach the hard lessons, to do the right thing even when you’re not sure what the right thing is…and to forgive yourself, over and over again, for doing everything wrong.” -Donna Hall-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s