Buku Wajib

on
Recommended books to read during your pregnancy and motherhood
Recommended books to read during your pregnancy and motherhood

Kalau ditanya hobinya apa? Dari jaman baheula sampai detik ini pasti jawaban saya selalu sama: baca! (dan yang kedua: nulis). Saya selalu enjoy baca apapun… mulai dari koran, majalah, textbook, komik, novel, karya sastra, dan saat ini: buku-buku tentang kehamilan dan menyusui. Di era serba canggih, kenapa masih baca buku sih? Kenapa nggak langsung tanya sama mbah google aja? Lebih mudah dan praktis kan! Emang sih… tapiiii kebanyakan informasinya kurang akurat dan suka subyektif. Jadi saya perlu sumber informasi yang lebih akurat dan bau kertas itu somehow addicted (lha!)

Ketika saya mengetahui kalau positif hamil, langsung pengennya ke toko buku dan melahap semua buku-buku tentang kehamilan soalnya sebagai first-time mom to be, jujur aja saya bener-bener buta mengenai kehamilan dan naluri keibuan tentunya saya ingin menjalani masa-masa kehamilan ini dengan sebaik mungkin, termasuk melengkapi diri dengan ilmu yang valid. Jadi nggak terpengaruh apa kata orang (yang sebagian besar emang suka sotoy tanpa ada dasar keilmuannya).

Selama masa kehamilan, saya membeli beberapa buku yang menurut saya wajib dipunyai bumil dan pakmil.

This book is the ultimate pregnancy’s bible! Dari A-Z mengenai kehamilan semuanya dibahas dengan bahasa yang sederhana & mudah dipahami tanpa meninggalkan konteks ilmiahnya. Kehamilan akan dibahas week by week dengan berbagai kondisi fisik dan psikologis yang biasanya muncul. Selain itu juga ada chapter mengenai Labor & Delivery dan Post Partum. Suepr lengkap & bagus banget!

Kadang sebagai seorang perempuan, suka bingung sama yang namanya laki-laki, apalagi pas hamil saya lumayan sensi sama suami yang cuek seolah-olah yang hamil cuam kita sendirian. Trus, pas disuruh baca ini itu malah males-malesan dan kayaknya lebih milih main gadget daripada disuruh baca artikel #curcolabis

Nah, tentu saja saya pantang menyerah! Langsung browsing di internet dan ketemu buku ini… bisa dibilang ini versi cowoknya What to Expect when You’re Expecting. Cucok deh! Kadang saya juga suka baca jadinya saya ngerti kenapa para suami males baca buku yang terlalu serius karena buku ini super duper menghibur dan kocak, tapi konteksnya tetap ilmiah.

  • Menjalani Masa Kehamilan dengan Doa

Selain persiapan fisik, tentunya tak lepas dari persiapan mental spiritual. Buku terjemahan ini berisi cerita si penulis selama masa kehamilan dan bagaimana kehadiran Tuhan selalu menyertai dan memberi kekuatan. Dilengkapi dengan doa dan ayat-ayat dari Alkitab, buku ini bagus banget dibaca pada saat teduh di pagi hari dan malam hari. Karena menurut saya, menjalani hari-hari sebagai calon ibu dan menghadapi persalinan butuh semangat yang tinggi dan semuanya itu bisa dijalani dengan penuh suka cita berkat doa & keteguhan iman kita.

  • 160 Tanya Jawab Seputar Menyusui

Tadinya udah niat mau ikutan kelas laktasi tapi selalu telat daftar, jadinya daripada ha-he-ho kagak ngerti apa-apa, mendingan beli bukunya dulu. Buku terbitan ayahbunda ini cukup ringkas dan lengkap menjelaskan mengenai menyusui (mulai dari persiapan, proses, hingga saat menyapih nantinya), jadi langsung tepat sasaran dan nggak boring untuk dibaca.

Kalau yang ini Asa yang beli karena pas lagi diskon hahaha tapi memang penting sebagai salah satu buku wajib karena sebagai new parents, kami buta mengenai masalah kesehatan bayi dan anak sehingga kami tahu harus berbuat apa kalau anak sakit.

Panduan dari masa kehamilan hingga bayi berusia 3 tahun. Lengkap? Kalau menurut saya, bagian kehamilannya kurang lengkap & kurang detail (apalagi kalau dibandingkan dengan What to Expect when You’re Expecting), tapi bagian baby cukup ok. Banyak grafis jadi nggak bosan saat baca. Buku ini ada juga versi terjemahan bahasa Indonesia.

So, happy reading! 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s