Seputar USG

on

Sebagai seorang bumil, pasti udah familiar dong ya sama yang namanya USG. Ibaratnya nggak lengkap kontrol ke dokter kandungan tanpa dilakukan pemeriksaan dengan USG. Tapi sebenarnya aman nggak sih kalau setiap kali kontrol selalu di-USG? Trus, gimana cara baca hasil USG? Dan apa sih bedanya USG 2D, 3D, dan 4D?

Apa itu USG?

USG adalah kepanjangan dari Ultrasonografi, yaitu sebuah alat untuk memeriksa kondisi janin di dalam rahim dengan gelombang suara tinggi yang dipantulkan ke tubuh.

Dengan menggunakan USG maka dapat mengetahui perkembangan bayi,usia kehamilan, pertumbuhan dan mengetahui adanya ancaman keguguran.

Sumber :Menentukan Jadwal Tepat Pemeriksaan USG – Bidanku.comhttp://bidanku.com/menentukan-jadwal-tepat-pemeriksaan-usg#ixzz3oPTLrmNO

Kapan saat yang tepat pemeriksaan USG?

  1. Awal Kehamilan: untuk mengetahui lokasi janin, jumlah janin, dan sekaligus menentukan usia kehamilan
  2. Usia Kehamilan 11-14 minggu: untuk memantau perkembangan janin, terutama untuk mendeteksi kelainan-kelainan pada janin, misalnya: down syndrome, hydrocephalus
  3. Usia Kehamilan 18-23 minggu: untuk mendeteksi apakah ada kelainan cacat bawaan. USG di usia kehamilan ini, dokter juga akan menjelaskan ukuran lingkar kepala janin, panjang lengan bagian atas, panjang paha, berat badan, usia bayi dan letak plasenta. Dan juga jenis kelamin 😉
  4. Usia Kehamilan 33-34 minggu: untuk mengetahui pertumbuhan janin, lokasi ari ari, persentasi janin pada saat jalan lahir, kapasitas air ketuban dan lilitan tali pusar.

Menurut pengalaman saya sendiri, di Indonesia sepertinya tiap kali kontrol selalu dilakukan pemeriksaan USG, dan jadwal kontrol ke dokter kandungan bisa dibilang cukup intensif. Sejak pemeriksaan pertama (usia 4-5 minggu kehamilan), saya rutin sebulan sekali kontrol ke dokter. Sejak masuk usia kehamilan 30 minggu, jadwal kontrol setiap 2 minggu sekali dan di usia kehamilan 35 minggu, setiap minggu kontrol ke dokter. Jujur aja, saya selalu menantikan pemeriksaan dengan USG soalnya bisa lihat si anak bayi lagi ngapain di dalam perut dan ekspresinya lucu-lucu. Pernah lagi ngisep jempol, trus pernah juga lagi malu-malu banget sampai nutupin sebagian mukanya pakai tangan, ada yang pas lagi towel-towel dinding rahim mommy. Jadi, saya sih nggak keberatan kalo tiap kali kontrol di USG, kecuali satu: berat di ongkos tapi demi melihat perkembangan si buah hati… apapun deh yaaa… #robekrobeksliptagihan #namanyajugakehamilanpertama

Makdarit….saya paling picky pilih dokter dengan fasilitas USG yang memadai dan keahliannya baca USG. So far, my doctor is the best. Detil banget jelasin satu per satu bagian, ukuran lingkar kepala, jantung, otak, paha, struktur tulang hidung, hingga plasenta dan kondisi cairan ketuban. Meskipun pemeriksaan tidak sedetail USG 4D, tapi si dokter menggunakan teknologi USG 2D dan 4D untuk mengetahui perkembangan janin dan menjelaskan kepada kami secara detil dan tidak terburu-buru (penting!). Oiya, satu lagi pemeriksaan USG juga suka bikin terharu, buktinya saat pertama kali kami berdua mendengar detak jantung si anak bayi…. langsung penuh rasa syukur dan haru #mbrebesmili. It was so amazing!

Bagaimana membaca USG?

Jujur aja sampai detik ini saya masih blank gimana baca USG dengan tepat. Kalau pas lagi diterangin sama dokter sih ngerti-ngerti aja, nah pas sampai rumah langsung lupa tadi ini apa aja ya, kecuali satu: berat badan janin (kalau yang satu ini selalu saya catat).

Selain Gambar ada juga tabel atau angka hasil pengukuran dokter terhadap tungkai lengan, kaki, dan diameter kepala. Semua itu bisa menghasilkan rumus yang menunjukkan berapa berat janin di dalam kandungan.

Berikut ini beberapa istilah yang umum ada di hasil foto USG:
1. GA = Gestational Age. Ini menunjukkan perkiraan umur kehamilan, berdasarkan panjang tungkai lengan, tungkai kaki ataupun diameter kepala. Jika salah satu dari GA di foto USG Anda menunjukkan besaran yang tidak normal, dokter langsung bisa mendeteksinya sebagai kelainan. Terutama GA di bagian kepala.
2. GS: Gestational Sac. Yaitu ukuran kantung kehamilan, berupa bulatan hitam. Ini biasanya muncul pada hasil foto USG trisemester awal.
3. CRL: Crown Rump Length. Yaitu ukuran jarak dari puncak kepala ke ‘ekor’ bayi. Ini juga biasa digunakan dokter untuk mengukur janin di usia kehamilan trisemester awal.
4. BPD: Biparietal diameter. Ini adalah ukuran tulang pelipis kiri dan kanan. Biasa digunakan untuk mengukur janin di trisemester dua atau tiga
5. FL: Femur Length. Merupakan ukuran panjang tulang paha bayi.
6. HC: Head Circumferencial atau lingkaran kepala.
7. AC: Abdominal Circumferencial. Ukuran lingkaran perut bayi. Jika dikombinasikan dengan BPD akan menghasilkan perkiraan berat bayi.
8. FW: Fetal weight atau berat janin.
9. F-HR: Fetal Heart Rate atau frekuensi jantung bayi.

Source: http://www.parentsindonesia.com/article.php?type=article&cat=pregnancy&id=804

USG 2D, 3D, 4D, apa bedanya?

Bedanya adalah di kedalaman dimensi yang bisa dilihat. Kalau 2D datar dan hanya dokter saja yang bisa membaca. Kalau 3D lebih jelas terlihat organ-organ tubuh & wajahnya, 4D tentunya lebih detil dengan suara & gerak organ tubuh yang bisa diperiksa satu per satu.

Biasanya dokter dengan peralatan USG yang modern akan melakukan pemeriksaan USG 2D dan 3D dan menurut beberapa dokter yang saya temui, jika kehamilan normal & tidak ada masalah yang serius kedua jenis USG itu sudah cukup. Tetapi jika ada indikasi kelainan, makan dokter akan menyarankan untuk melakukan USG 4D dengan dokter ahli (biasanya dokter spesialis fetomaternal). USG 4D ini sebaiknya dilakukan di usia kehamilan antara 25-28 minggu karena janin sudah berkembang cukup dan belum memenuhi rahim sehingga pergerakannya bisa terekam dengan maksimal. Biaya untuk USG 4D ini memang tergolong cukup tinggi dan waktu untuk USG kurang lebih 50 menit.

Untuk lengkapnya bisa dibaca di link ini ya: http://health.detik.com/read/2010/11/04/133324/1485661/764/apa-bedanya-pemeriksaan-usg-2d-3d-dan-4d

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s