Hamil di Usia 30an

on

Banyak orang yang nanya, kok usia 32 baru hamil sih? Lha wong nikahnya aja pas umur 30 tahun, gimana mau hamil sebelum 30 tahun… MBA dong gue!!

Banyak juga yang bilang kalau hamil di usia 30 tahun ke atas lebih berisiko.

Banyak anggapan kalau hamil di usia 30an udah ketuaan.

Tapiiii…menurut aku, jodoh, rejeki, termasuk kehamilan di tangan Tuhan. Semuanya adalah anugerah dari Tuhan. He knows when it’s the best time for us to have kids. Jadi, aku pribadi nggak pernah maksa untuk hamil di usia muda atau segera hamil setelah menikah. Kami berdua memang sedikit menunda untuk punya momongan karena masih pengen ngerasain pacaran lagi (maklum sebelumnya kami menjalani hubungan long distance antar benua yang cukup lama), trus masih pengen traveling berdua, dan masih pengen konsentrasi di kerjaan masing-masing.

Hamil di usia 30an memang punya tantangan tersendiri… yah namanya usia nggak bisa bohong. Paling kerasa adalah secara fisik gampang capek dan perubahan hormon juga mulai mempengaruhi kesehatan & kesuburan. Di sisi lain, usia 30an adalah masa-masa di mana secara individu lebih siap secara mental alias nggak galau lagi seperti di usia 20an. Lebih matang, bertanggung jawab, lebih dewasa, dan lebih lebar. Menurut aku, menikah dan hamil adalah hak pilihan pribadi tiap-tiap orang, jadi nggak etis juga kalau kita menghakimi dengan bilang kemudaan atau ketuaan. It’s very personal and we have to respect their privacy. Beberapa orang mungkin sudah mencoba untuk hamil selama bertahun-tahun, tapi belum berhasil, begitu berhasil usianya sudah 30an. Nggak fair kan kalau kita bilang hamilnya ketuaan. We just can’t judge something that easy.   

Jadi kalau ada yang nanya2 lagi, kok hamilnya telat sih? Enaknya dijawab apa ya?

Suka-suka gue dong yaaa… kan yang hamil sini, bukan situ! 🙂 #bumilitugalaklho


Berikut beberapa artikel yang bisa dijadikan referensi mengenai korelasi antara usia & kehamilan:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s